Home » » PROPOSAL PENGAJUAN PENGEMBANGAN LAB

PROPOSAL PENGAJUAN PENGEMBANGAN LAB

­­­
 PROPOSAL PENGAJUAN PENGEMBANGAN
LABORATORIUM ELEKTRONIKA DAN KOMPUTER
( LAB. DASAR DAN MENENGAH )
KAMPUS D ( DEPOK ) UNIVERSITAS GUNADARMA
LABORATORIUM ELEKTRONIKA DAN KOMPUTER


Penanggung Jawab Praktikum Mikroprosesor Lab. ELKOM

Havelio Henar



 PROPOSAL PENGAJUAN ALAT PRAKTIKUM         02/09/2016



Hal : Proposal Depok, 02 September 2016 
Kepada Yth,
Bapak Drs. Lingga Hermanto,. SSi. MMSi,.
Di tempat

Dengan Hormat, 
Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa. Karena lindungan dan hidayahnya kita bisa melakukan berbagai inovasi teknologi dalam pengembangan sebuah sistem. Ucapan terima kasih kepada Bapak Lingga yang telah memberikan kesempatan untuk pengajuan proposal dalam proses pengembangan sebuah sistem yang ada di Lab. Elkom.
Bedasarkan perkembangan sistem yang ada saat ini di Lab. Elkom terutama pada bagian absensi dan keamanan, maka saya akan mengembangan sebuah sistem absensi dan keamanan berbasis komputerisasi. Untuk membuat sebuah sistem tersebut kami menggunakan Raspberry Pi untuk sistem absensinya dengan database MySQL dan mikrokontroler Arduino dengan fingerprint sensor untuk sistem keamanan.
Demikian proyek pengembangan sistem yang saya ajukan. Atas perhatiian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Havelio Henar



LATAR BELAKANG

               Perkembangan dunia informasi dari waktu ke wakt terus mengalami peningkatan dan perkembangan, Hal tersebut didukung dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju dan memadai. Sehingga informasi dapat diakses secara cepat, tepat, terkini, serta akurat.
               Penggunaan Sistem yang manis manual membuat perkejaan tambah banyak dan rentan akan terjadinya kecurangan. Sistem yang manual juga masih terdapat human error dimana manusia selalu terdapat kesalahan jika bekerja terlalu banyak.
                Penggunaan sistem yang sudak terkomputerisasi merupakan hal yang wajib digunakan pada jaman sekarang. Karena dengan komputerisasi semuanya menjadi lebih aman, efektif, dan efisien. Pekerjaan yang dilakukan pada sistem manual akan jauh lebih sedikit dan kesalahan yang disebabkan oleh human eror kana berkurang karena semuanya sudah komputerisasi manuasia hanya memberi input.
                Kemujan jaman memubat semua sistem terkomputerisasi, salah satunya sistem keamanan. Sistem keamanan merupakan sistem yang paling vital, karena sistem keamana merupakan gerbang untuk memasuki ruang yang berisi data-data penting. Sistem keamanan harus terjaga 24 jam tanpa terkecuali. Satu menit saja sistem  keamana lengah maka semua data0data penting bisa hilang. Mnusia tidak akan bisa terjaga selalu untuk menjaga data-data penting tersebut. Untuk itu dibutuhkan sistem yang terjaga 24 jam agar ruang tersebut selalu aman dan mencegah terjadinya kehilangan.


Rumusan Masalah

Alat 1 :
Alat ini dibuat untuk mengembangkan sistem absensi asisten yang masih manual. Dengan alat ini memperudah admin untuk menghitung shift asisten yang datang dan juga mencegah terjadinya kecurangan seperti titip absen karena alat ini akan memfoto wajah yang absen ketika asisten memasukkan sidik jari mereka untuk absen ke alat tersebut. Jadi segala bukti kecurangan akan ada.

Alat 2 :
Alat ini dibuat untuk mengembangkan sistem keamanan pada Lab. Elkom dengan menggunakan RFID untuk memasuki Ruang Asisten. Dengan begitu hanya asisten yang bisa memasuki ruang asisten tersebut. Keamanan ruang asisten akan terjaga karena biasanya di ruang asisten banyak barang-barang berharga milik asisten dan ketika seluruh asisten berjaga maka ruang tersebut akan kosong. Masalah yang terjadi adalah ketika ruang tersebut kosong dan akan ada yang masuk ke ruang tersebut maka harus mencari kunci dan ketika keluar lagi meninggalkan ruangan yang akan dikosongkan mereka lupa untuk mengunci kembali. Hal ini yang membuat keamanan ruang asisten menjadi terancam. Dengan adanya alat ini, hal itu semua akan dicegah.


Ruang Lingkup Proyek Sistem

Proyek sistem absensi dan keamanan pada Lab.Elkom yang akan dikembangkan memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan yaitu sebagai berikut:

1.   Menganalisis setiap prosedur-prosedur yang berhubungan dengan
2. Mendesain sebuah sistem yang mendukung dari sebuah sistem serta menunjang kemampuan dari sistem ini.
3.  Membuat sebuah program yang mengimplementasikan sistem absensi dan keamanan.
4. Menerapkan serta melakukan percobaan sistem ini sampai dengan penerapan secara   memuaskan.


Keuntungan Pengembangan Sistem

Manfaat dari pengembangan sistem ini adalah sebagai berikut :

   1.    Mempermudah admin dalam merekap absensi asisten.
   2.    Membuat lebih efektif sistem absensi pada asisten.
   3.    Mencegah terjadinya kecurangan pada absensi.
   4.    Mencegah praktikan masuk ke ruang asisten tanpa kepentingan.
   5.    Menjaga keamanan ruang asisten saat ditinggal praktikum.

Waktu Pelaksanaan Proyek


Kegiatan dan waktu
Sept
1 2 3 4

Okt
1 2 3 4
Nov
1 2 3 4
Analisis Kebutuhan
Pemograman
Pengujian
Instalasi
Pemeliharaan
Dokumentasi


Rancangan Biaya

Dalam proses pengembangan dibutuhkan biaya untuk
Adapun rincian biayanya sebagai berikut :

1.    Biaya persiapan

Tipe Requitment
Spesifikasi
Harga Satuan (Rupiah)
Software
My SQL Server
XAMPP

-
Hardware
Raspberry Pi
Webcam
Scan Finger
Arduino Uno
600.000
250.000
650.000
200.000
JUMLAH
1.700.000


2.    Biaya Pengerjaan :

No.
Perincian
Biaya ( Rupiah )
1
Pemograman
100.000
3
Instalasi
75.000
4
Pemeliharaan
50.000
5
Transportasi
150.000
Jumlah
375.000


3. Biaya Keseluruhan

Biaya Keseluruhan = Biaya Persiapan + Biaya Pengerjaan
Rp 1.700.000 + Rp 375.000 = Rp 2.075. 000

Istilah atau Terminologi

1. Coding (Penanda)
merupakan unsur yang penting dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Coding yang akan dikupas dalam sajian artikel saat yang menyangkut tentang penelitian kuantiataif.
2. Content diagram
menjelaskan proses pembangunan danmemberikan contoh bagaimana model memungkinkan untuk membuat representasi diakses beberapa grafiskhas akan Anda temukan dalam buku teks ilmu pengetahuan.
3. Domain
adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet.
4. Data flow diagram
adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data,baik secara manual maupun komputerisasi.
5. Database enginnering
adalah sebuah struktur data yang berisi informasi penting tentang analisis, desain, kode dan testing.
6. Hardware
hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
13. My SQL
MySQL adalah singkatan "My Structured Query Language". Program ini berjalan sebagai server menyediakan multi-user mengakses ke sejumlah database.
15. PHP
adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis.
16. Project manager
adalah seorang profesional di bidang manajemen proyek. Manajer proyek dapat memiliki tanggung jawab pelaksanaan, perencanaan dan penutupan proyek, biasanya berkaitan dengan industri konstruksi, arsitektur, Aerospace dan Pertahanan, jaringan komputer, telekomunikasi atau pengembangan perangkat lunak.
17. Sistem analisis
adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
18. Requitment
suatu proses pencarian dan pengikatan para calon karyawan atau pelamar calon karyawan yang mampu untuk melamar sebagai karyawan proses ini di mulai ketika para pelamar di cari dan berakhir bila lamaran atau aplikasi mereka di serahkan dan hasilnya setelah para calon karyawan di seleksi.
19. Sistem
sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) danbahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasimateriatau energi.
20. Software
adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.


Penutup


Demikian proposal ini saya sampaikan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam upaya mengembangkan sistem yang ada di Laboratorium Elektronika dan Komputer menjadi lebih efektif dan efisien.


 PROPOSAL PENGAJUAN ALAT PRAKTIKUM         02/09/2016

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah untuk mendapatkan jawaban yang pasti !