Home » » Ayah Yang Hilang

Ayah Yang Hilang

Lucille Ball adalah komedian wanita tersohor dari Amerika Serikat (Anda mungkin ingat dengan film serinya yang pernah ditayangkan di TVRI). Beberapa waktu sebelum meninggal, Ia melakukan wawancara yang sangat menarik di televisi. Merv Griffin melontarkan sebuah pertanyaan yang tajam dan serius. “Lucille, Anda sudah hidup sekian lama di bumi ini dan Anda orang yang aktif. Apa yang telah terjadi pada negeri kita? Ada masalah apa dengan anak-anak kita? Kenapa keluarga-keluarga berantakan? Apa yang kurang?”

Lucille berdiam dan mengejamkan matanya sesaat kemudian ia menjawab dengan lugas. “Papa hilang” katanya, “Segalanya berantakan karena Papa pergi, kalau ia ada di sini, ia akan memperbaiki keadaan.” Semua terdiam mendengar jawaban dari Lucille.

Lucille benar. Dalam serial Spiderman paman Ben mengucapkan kata-kata yang indah, “Kekuatan yang besar selalu datang bersama dengan tanggungjawab yang besar!.”  Sekian banyak masalah dalam keluarga yang menimpa masyarakat Amerika serikat berakar pada tidak adanya fungsi para ayah. Apakah kondisi tersebut berlaku juga bagi masyarakat Indonesia? Saya takut, jawabannya adalah iya.


Banyak buku-buku terkenal di luar sana menekankan peran seorang ayah bagi keluarganya, yang pada gilirannya akan berdampak pada masyarakat dan bangsa. Menurut seorang penulis yaitu Clayton Barbeau, “Pertanggungjawaban adalah hal yang poko dari jika bapak yang sejati. kesadaran akan pertanggungjawaban atas kesejahteraan fisik dan rohani orang lain adalah tanda seorang bapak yang sejati.”

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah untuk mendapatkan jawaban yang pasti !