Home » » Shutdown Otomatis Windows Tanpa Software

Shutdown Otomatis Windows Tanpa Software

Secara default, sistem operasi Windows hanya memiliki fitur untuk mematikan monitor, harddisk dan membuat timer standby pada menu Control Panel > Power Options. Fitur Shutdown otomatis pada Windows tidak tersedia secara aplikatif sehingga memerlukan beberapa perintah sistem untuk menjalankannya.

 

Cara Shutdown Otomatis

Klik kanan pada desktop > New > Shortcut
Lalu ketikkan perintah shutdown.exe -s -f -t 18000
Cara Shutdown Otomatis
Keterangan:
  • shutdown.exe adalah nama file shortcut yang akan dibuat
  • -s adalah perintah sistem untuk mematikan komputer (shutdown)
  • -f adalah perintah sistem untuk memaksa komputer melakukan shutdown meskipun masih terdapat aplikasi yang sedang dibuka
  • -t adalah perintah sistem untuk satuan waktu
  • 18000 adalah durasi detik dalam hitungan mundur (Jika 1 menit = 60 detik, maka 60 detik x (60 menit x 5 jam) = 18000.
Klik Next
Beri nama shutdown (atau apa saja) pada kotak bagian Type a name of this shortcut
Klik Finish
Bila benar anda akan menemukan sebuah shortcut.exe pada bagian desktop anda. Klik 2x pada file ini untuk menjalankannya dan sistem akan menjalankan perintah shutdown otomatis berdasarkan hitungan mundur yang anda tetapkan sebelumnya.
Tambahan & Tips:
Anda juga dapat menambahkan pesan pada kotak notifikasi shutdown dengan menambahkan perintah -c isi pesan pada langkah sebelumnya seperti gambar dibawah ini:
Membuat Shortcut Otomatis
Setelah program dijalankan akan tampak sebagai berikut:
Shutdown Otomatis
Jendela shutdown otomatis tidak dapat di tutup meskipun melalui ‘Task Manager’ ataupun ‘End Process’. Untuk menghentikan perintah sistem ini hanya dapat dilakukan melalui Command Prompt.
  1. Klik Start > Run. Ketikkan cmd lalu tekan Enter
  2. Ketikkan perintah: shutdown.exe -a lalu tekan Enter
Bila Jendela notifikasi shutdown otomatis terasa cukup mengganggu karena muncul ditengah – tengah layar komputer, anda dapat mengakalinya dengan menggesernya ke bagian paling bawah layar komputer anda tepatnya dibawah taskbar paling ujung.
Trik ini bila ditambah sedikit modifikasi dapat menjadi trik jahil yang cukup merepotkan yaitu dengan men-set waktu mundur menjadi 5 detik lalu menjadikannya sebagai program start-up. Sehingga setiap kali komputer anda dinyalakan akan kembali mati dalam waktu 5 detik
smoga bermanfaat ^^

1 komentar:

  1. gan caranya biar tiap kali laptop dinyalakan kembali mati dan settingan waktunya? soalnya saya tidak suka laptop saya dibuka tanpa sepengetahuan saya

    BalasHapus

Berkomentarlah untuk mendapatkan jawaban yang pasti !