Home » » Cara Mematikan AutoPlay pada Windows XP

Cara Mematikan AutoPlay pada Windows XP


Sebenarnya fitur AutoPlay pada windows sangat bermanfaat jika, pada saat memasukkan hardware tambahan kedalam komputer seperti flashdisk atau harddisk CD/DVD, fitur tersebut akan aktif secara otomatis, ini akan membantu kita dalam menggunakan hardware itu.
Namun banyak para pembuat virus windows memanfaatkan fitur AutoPlay, jika flashdisk yang kita masukkan terinfeksi virus maka saat autoplay ini berjalan maka virus itu akan menyebar langsung kedalam komputer,saya menyarankan melakukan hal ini sebagai kewaspadaan terhadap virus windows.
Langkah-langkah mematikan AutoPlay Windows XP
·         Klik Start > Run. Ketik “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip) tekan Enter.
·         Pada jendela Group Policy Editor, pada sisi sebelah kiri, klik User Configuration > Administrative Template > System.



·         Kemudian pada sisi sebelah kanan double klik Turn Off Autoplay untuk membuka jendela pengaturan.

·         Di jendela Turn Off Autoplay Properties, pada tab setting tandai pilihan Enable. Setelah itu , pada pilihan Turn Off Autoplay on  anda bias memilih CD-ROM Drives atau AllDrives. Jika anda memilih opsi CD-ROM Drives maka fitur Autoplay hanya dimatikan pada CD/DVD saja. Jika anda memilih opsi All Drives maka fitur autoplay pada semua drive seperti CD/DVD dan Removable drive akan dimatikan.


·         Terakhir klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan dan menutup jendela Turn Off Autoplay Properties.
Kini fitur AutoPlay Windows XP Anda telah nonaktif, Ketika anda memasukkan CD/DVD atau Removable drive seperti flashdisk ke komputer maka jendela Autoplay tidak akan muncul lagi.

11 komentar:

  1. boleh di coba nih

    BalasHapus
  2. thanks gan ,ane coba sukses
    mksih gan atas ilmunya...

    BalasHapus
  3. Mengganggu sekali bila kita masukin flashdisk/modem muncul window autoplay, apalagi kalo ada virusnya... Cara yg ini bisa mengatasinya, tetap berbagi!!

    BalasHapus
  4. ada gak ya caranya agar vflash disk tidak dimasukkan virus autorun?

    BalasHapus
  5. Mampir Gan

    http://teris-zebua.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. saat saya sudah masuk di run dan sudah ketik gpedit.msc. tp muncul peringatan windows cannot find 'gpedit.msc'. saya masih pke vista . knp mas ya ?

    BalasHapus
  7. saat saya sudah masuk di run dan sudah ketik gpedit.msc. tp muncul peringatan windows cannot find 'gpedit.msc'. saya masih pke vista . knp mas ya ?

    BalasHapus
  8. mampir ya ke blog saya http://poliskom.blogspot.co.id/2016/10/termudah-cara-mematikan-autoplay-pada.html

    BalasHapus

Berkomentarlah untuk mendapatkan jawaban yang pasti !